Select Page

Waktu Doa Paling Mustajab

di Bulan Ramadhan

Assalamualaikum teman-teman, Apa kabarnya nih kalian semua, Lancar puasanya? Pastinya lancar dong ya kan… Alhamdulillah kita bisa dipertemukan kembali dengan bulan ramadhan yang penuh berkah ini dengan keadaan sehat walafiat.

Sehari-hari puasa ngapain ajanih? Tadarus apa tidur haha… Semoga kalian diberikan kekuatan untuk menjalani ibadah pada bulan puasa ini, Isi dengan hal-hal baik dan bermanfaat, Jangan tidur terus 😂 (motivasi untuk diri sendiri haha).

Pasti di bulan Ramadhan ini banyak rejeki yang datang kan maka semangat untuk mengejarnya jangan malas-malasan… THR sudah menunggu haha. Namun dengan adanya THR kita pasti juga memiliki berbagai keinginan atau wishlist yang ingin kita capai di bulan Ramadhan ini atau bulan-bulan kedepannya.

Kali ini admin ingin membagikan mengenai waktu yang mustajab atau waktu terbaik untuk meminta dan berdoa kepada Allah segala sesuatu yang kalian inginkan. Waktu ini tersebar dalam berbagai momen selama puasa di bulan Ramadhan.

1. Sepertiga malam terakhir

Pertama disaat sepertiga malam terakhi merupakan waktu yang mustajab untuk berdoa meminta ampun sebab pada saat itu Rabb kita Subahanhu Wa Ta’ala turun ke langit dunia dan mengabulkan setiap doa hambaNya yang berdoa ketika itu.

Apalagi ini di bulan Ramadhan pastinya melakukannya akan lebih mudah karena mendekati dengan jam-jam sahur. Semoga kalian diberikan kekuatan untuk menjalankan ibadah ini dan berdoa secara ikhlas kepada Allah.

Rabb kita turun ke langit dunia pada sepertiga malam yang akhir pada setiap malamnya. Kemudian berfirman: ‘Orang yang berdoa kepada-Ku akan Ku kabulkan, orang yang meminta sesuatu kepada-Ku akan Kuberikan, orang yang meminta ampunan dari-Ku akan Kuampuni‘” (HR. Bukhari no.1145, Muslim no. 758)    

2. Waktu Sahur

Disaat selesai beribadah dan berdoa disaat sepertiga malam terakhir kita bisa lanjut untuk menyantap hidangan sahur, Namun perlu diketahui jika waktu sahur juga merupakan waktu yang paling mustajab untuk berdoa memohon ampunan seperti firman Allah tentang ciri-ciri orang yang bertaqwa, salah satunya:

“Ketika waktu sahur (akhir-akhir malam), mereka berdoa memohon ampunan” (QS. Adz Dzariyat: 18)

3. Sepanjang waktu puasa

Puasa dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari merupakan waktu yang baik untuk berdoa karena tidak akan ditolak oleh Allah seperti sabda Rasulullah:

“Ada tiga golongan yang doa mereka tidak ditolak: 1. orang yang berpuasa hingga ia berbuka, 2. imam yang adil dan 3. doa orang yang dizalimi.” (HR Tirmidzi)

4. Menjelang berbuka

Siapa disini yang menjelang puasa sering jalan-jalan sore untuk mencari takjil atau sekedar menunggu adzan maghrib berkumandang istilah lainnya ialah ngabuburit. Tetapi lakukanlah kegiatan ngabuburitmu itu dengan hal yang bermanfaat semisal untuk mengeluh, mengadu dan berdoa sebanyak-banyaknya kepada Allah.

Bukan dengan menghabiskan waktu ngabuburit untuk ngobrol, menonton hiburan, dan hal-hal yang jauh atau tidak ada manfaatnya, Karena waktu menjelang buka puasa justru paling mudah dikabulkannya doa.

“Sesungguhnya orang yang berpuasa memiliki doa yang tidak tertolak pada saat berbuka.” (HR Ibnu Majah)

5. Malam Lailatul Qadar

Disaat hari-hari terakhir pada bulan puasa Ramadhan akan tiba dimana malam lailatul qadar akan muncul, Lailatul qadar ialah malam diturunkannya Al-Qur’an, Malam ini lebih utama dari 1000 bulan. Maka perbanyak ibadah dan doa semoga kita bisa bertemu dan mendapatkan malam lailatul qadar dalam keadaan ibadah.

Sebagaimana yang diceritakan oleh Ummul Mu’minin Aisyah Radhiallahu’anha:

“Aku bertanya kepada Rasulullah: Wahai Rasulullah, menurutmu apa yang sebaiknya aku ucapkan jika aku menemukan malam Lailatul Qadar? Beliau bersabda: Berdoalah: Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni [‘Ya Allah, sesungguhnya engkau Maha Pengampun dan menyukai sifat pemaaf, maka ampunilah aku”]”(HR. Tirmidzi, 3513, Ibnu Majah, 3119, At Tirmidzi berkata: “Hasan Shahih”)

6. Saat Adzan

Saat adzan berkumandang kita dianjurkan untuk menjawab adzan dengan lafazh yang sama, Selain itu saat adzan berkumdangan pun termasuk waktu yang mustajab untuk berdoa.

Doa tidak tertolak pada dua waktu, atau minimal kecil kemungkinan tertolaknya. Yaitu ketika adzan berkumandang dan saat perang berkecamuk, ketika kedua kubu saling menyerang” (HR. Abu Daud, 2540, Ibnu Hajar Al Asqalani dalam Nata-ijul Afkar, 1/369, berkata: “Hasan Shahih”)

7. Diantara adzan dan iqamah

Saat menunggu sholat yaitu diantara adzan dan iqamah kita dianjurkan untuk sholat shunnah terlebih dahulu lalu tambahkan untuk berdoa kepada Allah. Karena ini merupakan kesempatan yang terbaik jika dilewatkan sungguh rugi sekali.

Doa di antara adzan dan iqamah tidak tertolak” (HR. Tirmidzi, 212, ia berkata: “Hasan Shahih”)

8. Ketika sujud dalam sholat

Rasulullah bersabda:

Seorang hamba berada paling dekat dengan Rabb-nya ialah ketika ia sedang bersujud. Maka perbanyaklah berdoa ketika itu” (HR. Muslim, no.482)

Jadi kita saat bersujud akan lebih dekat dengan Allah maka perbanyak doa saat kita sedang bersujud.   

9. Ketika hujan turun

Hujan merupakan nikmat yang diturunkan oleh Allah untuk umat manusia di bumi ini, Jika hujan turun dan aktifitas anda tertunda karena hujan terebut maka janganlah kalian tenggelam pada rasa jengkel atau kesal. Tetapi manfaatkan waktu hujan untuk berdoa memohon apa yang kalian inginkan kepada Allah

Doa tidak tertolak pada 2 waktu, yaitu ketika adzan berkumandang dan ketika hujan turun” (HR Al Hakim, 2534, dishahihkan Al Albani di Shahih Al Jami’, 3078)

Pada era sekarang hujan sudah tidak menjadi masalah besar karena jika kita menginginkan sesuatu kita bisa membelinya secara online kok.

10. Pada hari jumat

Jumat merupakan hari yang paling baik dan berkah, Terdapat berbagai momen penting yang terjadi pada hari jumat salah satunya ialah hari dimana nabi Adam diciptakan.. Dan ada satu lagi yaitu hari kelahiran saya hehe 😇.

Rasulullah bersabda:

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam menyebutkan tentang hari  Jumat kemudian beliau bersabda: ‘Di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang ia minta’. Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut” (HR. Bukhari 935, Muslim 852 dari sahabat Abu Hurairah Radhiallahu’anhu)

Dari hadist tersebut terdapat berbagai pendapat mengenai salah satu waktu dihari jumat yang mustajab untuk berdoa karena akan diberikan apa yang diminta. Terlepas dari pendapatp-pendapat ulama kita lakukan setiap kesempatan untuk berdoa saja.

Jadi itulah teman-teman sekalian mengenai waktu-waktu yang mustajab atau waktu terbaik untuk meminta dan memohon segala yang diinginkan kepada Allah. Pastinya dong kalian disini memiliki suatu keinginan yang sulit untuk dicapai oleh karena itu kita selain bekerja keras juga harus meminta kepada-Nya.

big ramadhan sale

Tapi disini saya juga ingin menginformasikan ke kalian bahwa dalam rangka menyambut bulan Ramadhan ini Shopee sedang mengadakan event Big Ramadhan Sale. Yang InsyaAllah Shopee akan memberikan berbagai penawaran terbaik untuk mewujudkan wishlist kalian dengan mudah. Seperti promo dan diskon para semua kategori barang berbeda setiap harinya yang ada di Shopee. #THRBIGRAMADHANSALE

Dan pada kesempatan ini saya manfaatkan untuk membelikan peralatan rumah yaitu rak handuk permintaan dari mama saya hehe. Yasudah karena kebetulan Shopee sedang mengadakan event ini maka jadilah saya membeli rak handuk dengan harga yang terjangkau. Barang sudah proses pengiriman padahal baru kemarin saya belinya, Sangat cepat tanggap meskipun di bulan puasa ini… Semangat buat seller-sellernya.

Shopee

Oke baik sekian dahulu artikel saya mengenai waktu yang paling mustajab untuk berdoa pada bulan ramadhan, Jika terdapat kesalahan pada informasi atau penulisan mohon untuk dimaafkan, Namun apabila artikel ini bermanfaat jangan lupa bagikan ke sosial media kalian ya, Akhir kata terima kasih sudah berkunjung dan membaca sampai akhir… Wassalamualaikum. 

 

Sumber:

  • https://muslim.or.id/
  • Freepik

1 Comment

  1. Khoirur Rohmah

    Memang percaya deh, bulan ramadhan penuh berkah untuk lebih dekat lagi pada-Nya
    Aku kemarin juga habis belanja mukena di Shopee Big Ramadhan Sale mas hehehee

    Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *