Select Page

Millenials Menghadapi

Era Revolusi Industri 4.0

Welcome to my blog

Assalamualaikum, Selamat datang di blog saya. Kita khususnya saya sendiri seringkali mendengar istilah mengenai “Era Revolusi Industri” pada setiap berita baik online maupun di Televisi semuanya selalu mention jika sekarang kita memasuki Era Revolusi Industri 4.0, Nah loh udah 4.0 aja.

Sebelumnya apakah kalian para bapak-bapak dan ibu-ibu sering mendengar Era Revolusi Industri 3.0? Tiba-tiba sudah ke 4.0 saja atau saya saja yang kurang update? Sebenarnya istilah apakah itu Revolusi Industri?

Untuk revolusi industri disini merupakan istilah yang merujuk pada perubahan yang terjadi pada dunia Industri dalam melakukan proses produksinya. Lebih lengkapnya kalian bisa cek pada link dibawah ini.

Revolusi industri

Revolusi Industri 1.0

Memiliki periode antara tahun 1750 – 1850, Pada tahun tersebut terjadi perubahan besar-besaran di bidang pertanian, manufaktur, pertambangan, transportasi dan teknologi.

Melahirkan sejarah ketika tenaga manusia dan hewan digantikan dengan kemunculan mesin.

Salah satunya adalah kemunculan mesin uap pada abad ke-18.

Revolusi Industri 2.0

Era ini juga sering disebut dengan Revolusi Teknologi sebuah fase pesatnya industrialisasi pada akhir abad 19 dan awal abad 20.

Revolusi Industri 2.0 ditandai dengan munculnya pembangkit tenaga listrik dan motor pembakaran.

Penemuan tersebut memicu adanya pesawat telepon, mobil, pesawat terbang, dll.

Revolusi Industri 3.0

Kemunculan Internet dan teknologi digital menandakan dimulainya Revolusi Industri 3.0

Pada revolusi ini memuncak saat munculnya teknologi yang bisa mengkompresi waktu dan jarak yaitu Internet.

Praktik bisnis pun harus berubah agar tidak ketinggalan zaman. Hanya dalam hitungan jam, banyak produk dihasilkan.

Revolusi industri 4.0

Pada revolusi industri sebelumnya yang sudah mengandalkan digital dan Internet untuk proses bisnis mereka yang mengakibatkan sumber daya manusia kalah bersaing dengan mesin/teknologi. Kali ini pada Revolusi Industri 4.0 manusia telah menemukan pola baru ketika disruptif teknologi atau inovasi baru yang dapat mengganggu dan merusak pasar yang sudah ada.

Hal ini hadir begitu cepat dan sangat mengancam keberadaaan perusahaan-perusahaan incumbent (pemain lama). Sejarah sudah mencatat bahwa revolusi industri banyak sekali menelan korban dengan matinya perusahaan-perusahaan raksasa yang sudah merajai pasar sejak lama.

Dikarenakan pada revolusi industri 4.0 ini, Perusahaan tidak dilihat dari ukuran besar atau kecilnya dan hal tersebut tidak menjamin perusahaan akan tetap ada, namun kelincahan perusahaan dapat menghasilkan sebuah prestasi sebagai contoh perusahaan Uber yang berhasil mengganggu pasar para pemain besar di industri transportasi jika kita lihat di Indonesia terdapat Gojek. 

Lalu banyak sekali perusahaan E-commerce di Indonesia yang bisa membuat perusahaan departement store sepi pengunjung. Hal ini membuktikan bukan berarti yang besar memangsa yang kecil namun yang cepat memangsa yang lambat.

Menghadapi revolusi industri 4.0

Tahun 2020 para pakar memprediksi dunia akan memasuki era revolusi industri 4.0 dimana banyak bermunculan robot canggih, superkomputer, kendaraan otonom, 3D Printing, neuroteknologi, cloud computing, IoT dan masih banyak sekali, Hal ini sudah terlihat dari beberapa perkembangan perusahaan yang mengenalkan berbagai prototype mengenai produk-produk canggih. 

Era revolusi industri 4.0 ini memiliki dampak yang buruk terhadap disrupsi atau gangguan terhadap model bisnis setiap perusahaan, Dan dampak buruk tersebut terasa pada pasar tenaga kerja. Hal ini berarti akan banyak jenis pekerjaan yang hilang dan tergantikan dengan fungsi robot atau artificial intelligience. 

Oleh karena itu saya disini memposisikan diri sebagai anak muda yang harus menghadapi era revolusi industri 4.0, Ya karena umur masih dibawah 20 dan akan menginjak ke angka tersebut lalu harus bersaing bukan hanya dengan sesama manusia tetapi berkompetisi dengan teknologi yang semakin maju. 

Tantangan di era revolusi industri 4.0 ini sangat membuat bingung para anak muda yang belum pernah memiliki riwayat kerja dan kemampuan yang harus dikuasai… apa yang harus kita lakukan?

Ingat dengan pernyataan “Bukanlah yang besar memangsa yang kecil, Tapi yang cepat memangsa yang lambat” Hal ini berarti kita yang baru memulai untuk memasuki dunia industri masih memiliki kesempatan untuk terus bertahan dan berjuang untuk sukses. 

Berikut beberapa tips dari saya untuk membangun kalian para anak muda sayapun termasuk agar lebih cepat dalam mengembangkan skill yang dimiliki. Berikut skill yang harus kita miliki di era revolusi industri 4.0 ini:

  1. Complex problem solving
    Merupakan kemampuan untuk menyelesaikan masalah secara kompleks dimulai dengan identifikasi, menentukkan masalah utama, melihat berbagai kemungkinan solusi, melakukan aksi untuk menyelesaikan masalah, serta evaluasi.
  2. Critical thinking
    Kemampuan berpikir kritis dengan tujuan yang jelas, beralasan dan beorientasi pada sasaran, Kemampuan ini mewajibkan kamu untuk bepikir masuk akal, kognitif dan membentuk strategi untuk meningkatkan kemungkinan hasil yang diharapkan.
  3. Creativity
    Kreatifitas yang merupakan kemampuan wajib dimiliki para anak muda di era revolusi industri 4.0 dengan kemampuan yang terus berinovasi, Menemukan hal yang unik serta bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan. Bisa juga kreatif dalam mengembangkan hal yang sudah ada menjadi lebih baik lagi.
  4. People management
    Kemampuan untuk memimpin, mengatur dan memanfaatkan sumber daya manusia secara tepat sasaran dan efektif.
  5. Coordinating with other
    Kemampuan untuk kerja sama tim sangat dibutuhkan sekarang atau bisa juga bekerja sama dengan orang diluar tim.
  6. Emotional Intelligence
    Kecerdasan emosional merupakan kemampuan mengatur, menilai, menerima serta mengontrol emosi diri dan orang lain disektiar.
  7. Judgement and decision making
    Kemampuan untuk menarik kesimpulan dari situasi yang dihadapi dan mengambil keputusan dalam kondisi apapun, termasuk saat sedang dibawah tekanan.
  8. Service orientation
    Kemampuan untuk memembantu dan melayani orang lain sebaik mungkin untuk memenuhi kebutuhan mereka tanpa mengharapkan pengharapan atau pujian semata.
  9. Negotiation
    Kemampuan berbicara, bernegosiasi dan meyakini orang dalam aspek pekerjaan. Tidak semua orang dapat menguasai kemampuan ini namun kemampuan ini bisa dikuasai dengan banyak latihan atau jam terbang dan pembiasaan diri.
  10. Cognitive flexibility
    Fleksibilitas kognitif adalah kemampuan untuk menyusun secara spontan suatu pengetahuan dalam banyak cara.

Dari kemampuan atau skill diatas kita bukan berarti bisa sukses dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 akan tetapi menambah kesempatan untuk sukses kedepannya dibandingkan dengan orang yang belum menyiapkan apa-apa.

Saya sendiri sebagai anak muda atau sekarang lebih dikenal dengan generasi millenial juga masih belajar dan memahami bagaimana pola bisnis yang booming pada era revolusi industri 4.0 ini. Terdapat perkembangan yang cepat pada bidang artificial intelligence, robotik, 3D printing, VR sampai Cloud computing.

Kemajuan yang sangat cepat ini memiliki 2 sisi menurut Presiden. Pertama, sebagai tantangan yang harus kita hadapi dan antisipasi. Kedua, sebagai peluang yang harus diketahui dan dimanfaatkan dengan baik.

Nah menurut saya revolusi industri 4.0 ini harus kita sikapi dengan menghadapi dan mengatasinya serta menjadikan peluang yang harus dimanfaatkan dengan baik, Yang artinya kita gabungkan 2 sisi dari Presiden.

Disini kita harus mengubah mindset diri sendiri dan orang disekitar kita mengenai perkembangan teknologi dan pola bisnis yang cepat berubah ini. Sebagai anak muda yang tidak gagap dengan teknologi kita bisa mencoba untuk membantu para UKM atau UMKM untuk mengembangkan bisnis mereka dengan teknologi.

Jika dilihat dari statistik data dari CNN sekarang terdapat UKM (Usaha Kecil Menengah) sekitar 20% dari mereka yang menerapkan teknologi untuk mencakup pasar yang lebih luas, Itu artinya masih banyak UKM yang belum memanfaatkan secara penuh.

Apa yang menyebabkan hal itu bisa terjadi?

Jika dilihat dari kacamata saya, 80% UKM yang belum memanfaatkan teknologi khususnya Internet untuk mengembangkan bisnis mereka kemungkinan terbesarnya ialah, Daerah belum terjangkau dengan jaringan Internet, Gaptek (Gagap teknologi), Infrastuktur kurang atau mereka hanya ingin pasar konsumen yang tidak terlalu luas.

Generasi milenial disini bisa turut andil dalam perkembangan UKM atau UMKM di Indonesia, Seperti kita memberikan pengetahuan atau pemahaman mengenai teknologi yang dapat membantu berkembangnya usaha mereka untuk naik kelas.

 Online-Marketing-Vs-Offline-Marketing

Indonesia memiliki banyak sekali potensi industri didalamnya seperti pada bidang Fashion, Makanan, Alas kaki, Pengelolaan ikan laut, Furnitur, Kosmetik dan industri kreatif lainnya. Tinggal kita saja yang mengeksekusinya dengan tepat dan pas pada kemauan pasar. Lihat saja bagaimana perusahaan raksasa grosir offline dapat dikalahkan dengan mudah dengan E-commerce yang umurnya masih beberapa tahun ini.

Akan tetapi kita juga harus paham segi marekting pada bisnis yang akan dijalanakn apakah memerlukan Marketing online atau offline? Untuk marketing offline kita bisa gunakan media koran, televisi, billboard, radio dan semacamna. Jika memerlukan marketing online kita bisa gunakan Internet seperti sosial media, Youtube, beriklan di blog dan semacamna. 

Teknik marketing online yang sangat cocok digunakan untuk para pebisnis pemula yang ingin memulai jualanna yaitu dengan gabungan antara membuat website toko online dan menggunakan sosial media.

Untuk marketing sosial media disini mungkin bisa gratis menggunakan Facebook, Twitter, Instagram ataupun Youtube. Lalu untuk membuat sebuah website toko online ini kita harus memulainya dengan modal jika ingin lebih profesional. 

Modal yang dimaksud disini seperti Domain dan Hosting yang harus disiapkan, Oke karena ini memerlukan ketelitian saat memulai bisnis akan saya jelaskan dimanakah kita bisa mencari Domain dan Hosting Terbaik, Oke akan saya sebutkan salah satu perusahaan yang turut berkembang di Indonesia yang menyediakan produk yang dapat membantu bisnismu lebih mudah.  

Oke jadi ini dia provider hosting di Indonesia yang ingin saya beritahu yaitu Niagahoster, Apa yang dapat membuktikan jika Niagahoster itu terbaik? Sebelumnya mari kita berkenalan dengan Niagahoster. Oh iya gambar logo Niagahoster diatas adalah logo terbaru untuk Niagahoster untuk yang ingin mengetahui mengenai logo terbaru dari Niagahoster bisa baca saja di artikel blog Niagahoster.

Niagahoster merupakan layanan hosting murah unlimited dengan cPanel dan server Indonesia. Jika server hosting dari Indonesia berarti Niagahoster ini cocok untuk kalian para pebisnis yang pasarnya sebagian besar dari Indonesia, Kenapa? Karena akan lebih cepat website yang diakses apabila menggunakan server dari Indonesia. Seperti pernyataan tadi “Yang cepat akan memangsa yang lambat”.

Niagahoster juga merupakan bagian dari Hostinger Group. Sebuah grup hosting internasional yang menangani lebih dari 500 server di seluruh dunia. Pengalaman yang dimiliki ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk meningkatkan kredibilitas bisnis dan website anda.

Bukan cuma hosting saja, Niagahoster juga menyediakan layanan domain murah, domain internasional, server VPS murah, SSL/HTTPS, email hosting, jasa pembuatan website, hingga periklanan Google Adwords.

NIAGAHOSTER, Solusi industri 4.0?

Jika dibilang Niagahoster merupakan jalan keluar yang tepat untuk revolusi industri 4.0… Mungkin jawabannya relatif ya karena itu semua ada di tangan dan pola pikir anda, Jika sudah memilih Niagahoster namun masih belum paham mengenai perkembangan bisnis di Industri 4.0 juga sama saja bohong.

Tapi jika kalian sudah paham secara utuh mengenai Industri 4.0 namun tidak menggunakan alat bantu atau tools yang terbaik hal ini dapat menimbulkan kelambatan di bisnis anda. Kita harus selalu mengingat “Bukanlah yang besar memangsa yang kecil, Namun yang cepat memangsa yang lambat” Jika kalian menggunakan hosting abal-abal websitemu menjadi lambat maka kalian akan kalah dengan kompetitor yang memiliki hosting server yang cepat.

Oleh karena itu kita juga harus mengetahui strategi untuk menghadapi revolusi industri 4.0 ini secara menyeluruh, Dari dalam bisnis seperti karyawan atau sumber daya manusia sampai ke pihak ketiga seperti Hosting atau Domain yang dibeli.

Artikel ini tidak hanya untuk kalian yang baru memulai bisnis di Industri 4.0 saja namun untuk kalian semua yang belum mengerti tentang perkembangan model bisnis di Industri 4.0 dan ingin mengikuti perkembangannya. Apalagi di Niagahoster hosting paling mahal tidak mencapai Rp 100 ribu perbulannya.

alasan singkat memilih niagahoster

Garansi Harga Termurah

Harga menjadi faktor utama orang memilih produk. Tetapi jangan asal pilih produk murah karena tidak semua memiliki kualitas yang terbaik.

Berbeda dengan Niagahoster yang sudah memberi pelayanan berkualitas dengan harga yang terjangkau pula. Bisa kalian buktikan sendiri dengan melihat pada halaman produk Niagahoster.

Support Terbaik di Indonesia

Meskipun kualitas sudah baik akan tetapi Niagahoster masih memiliki pelayanan support 24 jam yang siap membantu kalian dalam menggunakan produk mereka.

Untuk menghubungi support atau customer support dari Niagahoster pun sangat mudah dan banyak caranya mulai dari chat live, nomor telepon sampai mengirim tiket dan email kepada customer support yang siap melayani 24jam.

Server Uptime 99,98%

Menggunakan hosting yaitu membuat website kita terjaga dan membuat nyaman para pelanggan yang mengunjunginya. Dan sepertinya kita tidak ingin saat website sedang melayani banyak pengguna tiba-tiba server down atau semacamnya.

Di Niagahoster, hostingnya memiliki server uptime mencapai 99,98% lho yang artinya server mereka jarang sekali down, Karena sangat diperhatikan kualitas sampai teknologi yang ada pada server Niagahoster.

Garansi 30 Hari Uang Kembali

Niagahoster sudah memberikan produk layanan dan pelayanan berkualitas dengan harga yang sangat terjangkau.

Jika kalian kurang puas dengan pelayanan dari Niagahoster mereka siap untuk mengembalikan uang anda secara utuh. Karena terdapat garansi 30 hari uang kembali.

Dengan begitu Niagahoster berani menjaga kepercayaan kalian untuk menggunakan layanan Niagahoster.

testimoni niagahoster

Niagahoster selama ini sudah memberikan layanan yang reliable dan yang penting adalah fast response serta komunikasi yang baik di setiap keperluannya.

Gary Evano Daniel

Head of Operations & Business Development, http://puyodesserts.com

Kami memilih menggunakan Niagahoster karena servicenya oke, harga terjangkau dan kami senang menggunakan produk lokal Indonesia. Bangga dengan produk dalam negeri.

Anindito Subagyo

Founder Bisaurus.com, www.bisaurus.com

2017 kemarin saya banyak website yang host di niagahoster, dan mungkin 2018 ini bakal tambah banyak lagi yang akan saya tanam di sini, selama ini ga ada masalah, setiap trouble langsung di atasi dengan cepat.. semoga makin sukses dan sama-sama bikin urusan tambah lancar.. trima kasih niagahoster

Diki Dewanto

FOUNDER CYBERMILKER, https://cybermilker.com

peran pemerintah

Kita sebagai generasi milenial juga harus tau diri hanya sebatas apa kita bisa menghadapi era revolusi industri 4.0 ini jika dipaksakan maka hasilnya tidak akan sebaik yang diharapkan, Oleh karena itu kita para generasi milenial membutuhkan peran pemerintah yang ikut menghadapi era revolusi industri 4.0 ini. 

Sesuai yang saya baca pada website Kemenperin (Kementrian Perindustrian) bahwa mereka memiliki 4 strategi Indonesia untuk masuk kedalam industri 4.0 ini, Dengan konsekuensi pendekatan dan kemampuan baru diperlukan untuk membangun sistem produksi inovatif dan berkelanjutan. Berikut adalah 4 strategi yang diberikan pemerintah:

Pertama, jadi pemerintah mendorong untuk kita baik yang belum bekerja atau yang sudah masuk ke industri untuk selalu belajar dan meningkatkan kemampuan untuk memahami penggunaan teknologi Internet of things atau mengintegrasikan kemampuan internet dengan lini produksi di Industri. 

Kedua, Lalu pemanfaatan teknologi digital untuk memacu produktivitas dan daya saing bagi industri kecil dan menengah sehingga mampu menembus pasar ekspor melalui program e-smart IKM. 

Ketiga, Pihak pemerintah meminta kepada industri nasional untuk menggunakan teknologi digital seperti Big Data, Autonomous Robot, Cybersecurity, Cloud dan Augmented Reality. 

Keempat, Terakhir ini adalah upaya inovasi teknologi melalui pengembangan startup dengan memfasilitasi tempat inkubasi bisnis. Upaya ini sudah dilakukan Kemenperin dengan mendorong penciptaan wirausaha berbasis teknologi yang dihasilkan dari beberapa technopark yang dibangun di beberapa wilayah di Indonesia.

Selanjutnya gambar diatas adalah sebuah program dari Kominfo yang membuat sebuah beasiswa digital untuk anak-anak para generasi millenial berbakat yang digunakan untuk menghadapi kompetisi di era revolusi industri 4.0. 

Terdapat 25.000 beasiswa yang akan dibagikan lebih dari 28 perguruan tinggi dan 22 politeknik. terdapat 4 kategori beasiswa yang akan dibagikan yaitu :

  • Vocational School Graduate Academy (VSGA)
  • Fresh Graduate Academy (FGA)
  • Coding Teacher Academy (CTA)
  • Online Academy (OA)

Lalu untuk sesi pelatihannya terdapat 8 bidang antara lain: Artificial Intelligence, Big Data Analytics, Cyber Security, Machine Learning, Digital Policy & Cloud Computing, Internet of Things, Programming & Coding dan Graphic Design & Animation. 

Setiap kategori memiliki berbagai persyaratan untuk mendaftarnya kalian cari-cari saja sendiri ya “Digital Talent Scholarship 2019” sudah lengkap semua disana informasinya. Kabarnya pendaftaran bakalan dibuka 20 April 2019, AUTO IKUT NIH ADMIN.

Itulah strategi dari pemerintah untuk memasuki era revolusi industri 4.0 ini. Apakah teman-teman memiliki pendapat tentang strategi dari pemerintah ini? Mungkin ada yang kurang atau apa gitu?

Jika menanyakan tentang pendapat saya upaya dari pemerintah ini sudah benar apalagi pada poin keempat mereka mencoba untuk membantu para startup mengembangkan bisnisnya dengan membangun technopark yang sekarang sudah tersebar di beberapa daerah seperti di Bandung (Bandung Techno Park), Denpasar (TohpaTI Center), Semarang (Incubator Business Center Semarang), Makassar (Makassar Techno Park – Rumah Software Indonesia, dan Batam (Pusat Desain Ponsel).

Selain itu kominfo juga memiliki peran besar terhadap kemajuan SDM di Indonesia dengan menggelar program Digital Talent Scholarship 2019 dan memang itu harus dilakukan pemerintah untuk selalu melahirkan bibit-bibit unggul para penerus bangsa.

Oke temen-temen mungkin sekian dulu artikel dengan judul “Anak Muda Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0” Rasanya saya ingin sekali mencoba bisnis di era revolusi industri 4.0 ini namun masih harus mencari partner yang pas karena saya tidak bisa mengurusnya sendiri ada kesibukan kuliah juga yang sangat membuat jam gabutku terbuang 😂.

Untuk kalian yang memiliki jam gabut atau jam kosong terlalu banyak cobalah untuk belajar mengenai perkembangan bisnis di era revolusi industri 4.0 dan terapkan semua ilmu itu untuk menjadikannya lebih bermanfaat. Lalu jika ingin membangun bisnis berbasis digital selalu ingat dengan layanan hosting terbaik yaitu Niagahoster.

Jika ada kesalahan informasi maupun penulisan pada artikel ini mohon untuk dimaafkan atau bisa kalian koreksi dengan cara komentar dibawah ya, Namun jika artikel ini bermanfaat tolong bagikan artikel ini ke sosial media atau grup WA yang kalian punya agar teman-temanmu juga bisa menikmati artikel yang bermanfaat dan anti hoax, Terima kasih sudah berkunjung.

#BuildSuccessOnline #BlogKontesNiagahoster

Sumber:

  • https://ivoox.id/
  • https://teknologi.id/
  • niagahoser.co.id
  • Freepik

KITA DISINI BERDISKUSI, SILAHKAN KOMENTAR MENGENAI APA YANG KITA BAHAS, DIBAWAH
SAYA MEMBUKA SEBUAH FORUM YANG BISA MENAMPUNG SARAN DAN KRITIK ANDA

60 Comments

  1. Cah bundir

    bgus,mudah di pahami trus itu aja aokwowkwo

    Reply
    • yasuo

      Bagus, thanks min gw jdi tau info lowongan pekerjaan

      Reply
    • @sul.thuf

      Untung banget dapat kesempatan buat baca artikel ini berhubung gua masih sma dan penting banget buat tau dan paham tentang revolusi industri yg terjadi dan bakalan terjadi kyk 4.0 ini dan bisa buat bekal kedepannya karena udah ada planning juga untuk buka usaha keluarga berbasis online marketing.

      Thank you for the article and the hosting suggestion 🙂

      Reply
      • admin

        @yasua semoga sukses cepet ketemu pekerjaan yg pas gan

        @sul.thuf Siap sama-sama semoga sukses juga kedepannya

        Reply
  2. Siapa hayo

    Rekam jejaknya jelas dipercaya naik kelas jangan salah ini berkelas walau tetap masih kurang bukan menang kalah bukan juga benar salah yang penting kita semua kan dapati ilmunya

    Reply
  3. Aldisahruramadhan Ig : Sahru27_

    Artikel yang bagus memotivasi saya agar bisa sukses kedepannya.

    Reply
    • Rendy Dharmawan Ig : rendoy.exe

      Gini dong artikel nya mntep, artikel nya mendidik bgt, bisa buat informasi yg bakal di inget dan memotivasi orang ke depannya. Penjelasan nya juga detail banget, Topik Nysbjuga pas sama para mahasiswa yg akan menjadi Roda Di Indrustri Tsb. Terus Berkarya Helmi 🙂

      Reply
    • @teukurizqyr

      Sangat bermanfaat bagi kita semua, terima kasih

      Reply
      • Zaki

        Unch

        Reply
  4. Raisa Ainaya Azzahra

    Artikelnya bagus dan gak membosankan. Topik yang diangkat juga sangat penting untuk kami mahasiswa yang kelak akan menjadi roda penggerak Indonesia di revolusi industri 4.0. Apalagi dengan adanya NIAGAHOSTER, kita tidak perlu takut untuk mulai berbisnis dan siap menghadapi revolusi industri 4.0.

    Terimakasih artikelnya sangat bermanfaat:)

    Reply
    • maqarelstetique

      Sangat mengapresiasi pembaca
      Semua desain dan cara penulisannya pun sudah rapi… Kedepannya semoga ada versi bahasa asingnya..
      Gud luck..

      Reply
    • fonayy @boom.lynx

      Artikel nya bagus. Aku pun sbnrnya anak IT yah, dan sempet mengungkit tentang industri 4.0 juga di sekolah. menurutku ini artikel bener2 berguna bgt, khususnya bagi yang belum tau apa itu industri 4.0. trus dengan ada nya artikel tentang niagahoster juga sangat membantu aku banget, karna selama ini selalu bingung kalo mau ngehosting harus kemana. Berkat artikel ini aku jadi tau layanan hosting mana yang bagus dan murah. intinya artikel ini bagus, dan mudah2an bisa membuka mata generasi millenial skrg sehingga mereka mau belajar IT agar tidak ketinggalan akan kemajuan jaman skrg. terus berkarya Helmi!

      Reply
    • @alifuwaisr

      Nah begini dong bikin artikel jangan politik mulu democrazy mulu, ini namanya mempercerdas bangsa dengan bacaan ringan dan sarat akan informasi yg terus berkembang khususnya d dunia maya ini. Terimakasih atas ilmunya

      Reply
    • Huda

      Bagus

      Reply
  5. JayuCarrasco

    Gw gatau mau komen apa , soalnya ini bacaan panjang banget , malas membaca , tapi yaudah gapapa gw apresiasi , gdluck Helmi, jaya terus #2019HelmiPresiden

    Reply
    • Muhammad Rafi Hamdun

      Good Article, Good Blog. Bikin pembaca gak pengen skip. Setiap kalimat penting diberi mark dengan latar belakang warna yang berbeda. Iklannya juga diletakkan dibawah, bener bener gak ganggu. Semangat terus mas Helmi 💪

      Reply
    • Faargaa

      Artikelnya mudah dipahami ya walau gw rada males krna pnjang bgt, tpi gpp iini artikelnye menarik untuk milenial

      Reply
  6. MailEA

    sangat terstruktur dan mendetail penjelasannya, sampai rekomendasi hostingnya pun diinfokan.. makasih artikelnya bermanfaat 👍

    Reply
    • yudiuth87

      Good article, keep it up

      Reply
      • @mikodihatiku

        Bagus sih, saya sangat suka. tampilan sangat memukau

        Reply
        • Ahfalah22

          Bagus, cukup membantu buat saya yang masih sma :v

          Reply
        • rayhanfahreza00

          wahh bagus sekali

          Reply
      • nurafniaryanti

        makin keren dan kreatif, suka bgt sm artikelnya sangat bermanfaat🙂

        Reply
  7. M.ivan fariandi

    Artikel nya sangat mendidik saya dalam hal industri 4.0
    Maka dari itu saya mau buka channel youtube

    Reply
  8. Remahan krupuk

    Bener banget jaman udah berubah yaa semua cara untuk mendapatkan penghasilan pun berubah. Dijaman ini orang2 sukses itu orang2 yang bisa memanfaatkan teknologi, beda sekali dengan jaman dahulu kala org2 sukses itu hanya orang2 yang punya lahan pertanian, lalu yang punya pabrik atau semacam nya.
    Jaman ini orang yang bisa jualan cerdas lewat internet aja bisa sukses wkwk
    Makanya kita harus memanfaatkan teknologi dan belajar terus untuk mengembangkan bisnis 👌

    Reply
    • @ariefwck

      websitenya sangat modern sekali, dan penyampaiannya pun sangat terstruktut,rapih dan jelas

      Reply
      • Rizko

        Akhirnya setelah membaca artikel ini gw jadi tau apa itu revolusi Industri dan cara mengahadapi revolusi Industri,,,,
        Artikel ini membuat para pembaca nya berusaha untuk menciptakan peluang usaha

        Reply
  9. aantonwidodoo

    Kalo menurut ane sendiri yg mungkin seumuran dengan penulis. Artikel ini usefull banget buat kaum2 milenial yg mungkin butuh pemasukkan lebih. Karena apa?? Ya karena disini dijelasin dari cara menanggapi masalah2 kaum milenial yg mungkin juga kurang tau alias kurang update mengenain perkembangan bisnis yg ada. Selain itu dikasih solusinya dalam menangani masalah2 kaum milenial sekarang yg menurt gue masih banyak yg gaptek. Salut dah sama yg buat artikel ini,gue aja yg seumuran cuman kerja freelance baru tau kalo ada era revolusi indurstri 4 dan ini buat gue beneran ngebantu gue ke depannya dalam menghadapi masalah2 yg bakal dateng ke gue. Terima kasih juga atas infonya

    Reply
    • @wildandyb

      Artikel yang bagus, mudah dipahami karena detail penjelasannya pun sangat lengkap dan terstruktur, terima kasih ilmunya, sangat bermanfaat.

      Reply
  10. ig:mhmd_alfiaan

    Artikelnya bagus dan gak membosankan. Topik yang diangkat juga sangat penting untuk kami mahasiswa yang kelak akan menjadi roda penggerak Indonesia di revolusi industri 4.0. Apalagi dengan adanya NIAGAHOSTER, kita tidak perlu takut untuk mulai berbisnis dan siap menghadapi revolusi industri 4.0.

    Terimakasih artikelnya sangat bermanfaat:)

    Reply
  11. Drikk158_

    ini bagus bgt,bisa buat informasi yang bakal diinget kedepannya,semoga tetap sukses bosku

    Reply
    • teezarrfy

      artikelnya bagus, sangat menarik, tapi yg kurang adalah manage nya tidak rapih, masih banyak yg acak acak penempatannya

      Reply
    • @algifrarri

      Menjadi Generasi Millennial yang Selalu Kreatif, Aktif, dan Inovatif

      Reply
  12. miyamotorakko

    Jaman dah maju, sayangnya masih berbagai aspek di masyarakat masih belum siap sama majunya teknologi khususnya rev 4.0 ini
    Segala aspek instant jd bikin manusia makin males, bukannya makin mikir maju. Dari pendidikan emang udah dibahas dari artikel ini, gua orang pendidikan dan emang 4C macem critical thinking, colaboration dll itu dibutuhin, bukan cuma aspek hafalan / sekadar tahu tp juga analisis manusia. Sayangnya masyarakat masi kurang di aspek itu.

    Reply
    • Ghazi

      Bermanfaat,sekali dan terstruktur rapi,jelas,dan sangat detail,juga berguna.. bagi zaman sekarang

      Reply
  13. aanibadurrahman

    Kita sebagai milenial, harus nya dan bahkan wajib untuk mengetahui perkembangan zaman, dan, perkembangan zaman tersebut sebisa mungkin harus kita ikuti dan jangan hanya terbawa saja, jadikan itu senjata kita untuk sukses

    Reply
  14. Temennya screensyit

    Excuse me, punten, permisi
    Numpung komen

    Reply
  15. _atharf

    Ya kembali dengan komen saya,menurut saya mending bikin artikel gini dong biar bacanya ga bosen orang politik tuh kurang menurut gw
    Hiya cands

    Reply
  16. Mssvprssr

    Wah bagus banget artikelnya, nah gini nih yabg dibutuhin anak muda biar bisa lebih inovatif di era revolusi industri ini.

    Reply
  17. Gk tau ah

    Bagus banget artikelnya sanagat memotuvasi saya untuk menjadi yg lebih baik kedepannya terimakasih 🙂

    Reply
  18. Ig: @desvynhl

    Artikelnya bgus bnget smoga kedepannya saya makin baik

    Reply
  19. Farid fitrawan

    Bagus

    Reply
  20. Buyutnya Screensyit

    Barang siapa yg memutuskan tali silahturahmi akan di mendapatkan dosa yang besar dan di jauhkan surga untuknya

    Reply
  21. Aldialwrtm_

    Baguss

    Reply
  22. @panjiadityard

    Artikel nya cukup bagus bisa memotivasi saya supaya bisa sukses kedepannya. bikin seperti yang begini lagi

    Reply
  23. Gilang alivio @gilaangvio_

    Oke blog ini keren banget 👏🏻👏🏻👏🏻 . Dimana mana ngebahas politik ini ngebahas Era revolusi 👏🏻 . Sooo cool guys .. semangat anak milenial untuk menghadapi era revolusi 4.0 ❤️

    Reply
  24. Astagaafakaa

    Yangpentingbagus

    Reply
  25. @davadwijuliansyah

    Bagus banget sih ini,tapi tadi kenapa tiba tiba ada bug ya? Mohon di perbarui lagi, usahakan jangan sampai ada bug, tadi juga grafiknya rada error dan sedikit lag tapi gpp lah, kan yang penting udah komen

    Reply
  26. Iway

    good bangg ,jan lupa fllback wkk

    Reply
  27. Daffa

    Artikelnya bermanfaat banget nih makasih ya gua jadi nambah wawasan

    Reply
  28. @zfajar_7

    Bagusss.gua jadi bisa komen

    Reply
  29. Bam

    Hmmmm, bolehlah

    Reply
  30. oloy

    bermanfaat sekali bro

    Reply
  31. Nrechel.com

    Dari sekian artikel yang saya baca, artikel ini yang paling menarik. Karena memberikan penjelasan yang sederhana mudah di fahami oleh orang2. Dari segi tampilan juga membuat mata nyaman untuk betah2embaca sampai habis.

    Namun perlu sedikit perbaikan ada beberapa kata yang salah salam penulisannya.

    Namun untuk keseluruhan saya sangat suka dengan tulisan ini.

    Reply
  32. rst.wnk

    BERMANFAAT SEKALI😍😍

    Reply
  33. scrensshot

    saya suka dengan ini,terimakasih helmi gans

    Reply
  34. Jer.girsang

    Akhirnya setelah membaca artikel ini gw jadi tau apa itu revolusi Industri dan cara mengahadapi revolusi Industri..

    Reply
  35. Gilang @gilang_042

    Webnya goks, sangat bermanfaat bagi nusa dan bangsa dan setanah air, karna disini kita diajarkan apa itu era revolusi, revolusi 1.0 2.0 dsb. Dan itu bagus banget diringkas menjadi sangat mudah dipahami

    Reply
  36. Faargaa

    Yah katanya senyum adalah sebuah ibadah mungkin dengan gw senyum bisa di folbek ama admin screensyit :), ya walopun ga di folbek jga gpp yg penting w udeh berusaha, saling pengertian aje udeh gede 🙂

    Reply
  37. Jack

    Bermanfaat sekalee

    Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Summary
Review Date
Reviewed Item
Milenial Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0
Author Rating
51star1star1star1star1star